YANG DI MAKSUD DENGAN SMASH DALAM BOLA VOLLY

Artikel kesempatan ini akan mengulas tentang smash dalam permainan volly. Permainan Bola Voli salah satu cabang berolahraga yang banyak diketemukan dilingkungan masyarakt, baik itu di wilayah perkotaan atau di pedesaan. Tingkat kecintaan warga pada permainan bola voli sebab permainan ini cukup gampang untuk dimainkan serta tentunya sehatkan. sbobet online

Dalam permainan bola volly ada banyak tehnik yang perlu dikerjakan serta dikuasai oleh seseorang pemain, baik waktu mengawali atau saat permainan sedang berjalan. Diantaranya ialah smash. Tehnik ini adalah satu dari 4 tehnik basic permainan bola voli yang penting dikuasai oleh seseorang pemain, supaya permainan dapat berjalan secara baik khususnya dalam soal kumpulkan nilai atau poin jadi pahlawan kemenangan. agen sbobet terpercaya

Pemahaman smash ialah satu aksi memukul bola dengan keras memakai tehnik tersendiri supaya bola dapat masuk lapangan musuh main dengan keinginan tidak dapat dibendung oleh regu lain jadi musuh dalam permainan, hingga dapat mencapai nilai. Aksi ini dikerjakan saat bola sedang membumbung di atas net baik yang dibuat dari umpan atau passing rekan sepermainan atau bola yang datang dari arah musuh yang digunakan untuk lakukan pukulan keras.

Langkah lakukan smash yang baik membutuhkan tahapan-tahapan atau langkah, yakni :
1. Awalan – Run up (lari mendekati)
2. Tolakan (sandaran) – Take off (terlepas landas)
3. Pukulan – Hit (memukul waktu melayang-layang di hawa)
4. Pendaratan – Landing (datang)

Dari tahapan-tahapan smash dalam boli voli seperti sudah dijelaskan di atas, ada tahapan-tahapan yang perlu dikerjakan serta adalah kunci keberhasilan untuk lakukan smash dengan benar dan baik seperti keinginan :

1. Step Pertama : Awalan – Run Up (Lari Mendekati Bola)

Step awalan adalah kunci sukses pada langkah seterusnya dalam lakukan smash khususnya dalam dalam mengendalikan beberapa gerakan lain dalam spike. Pada step ini akan memastikan kemampuan serta hasil ketepatan pukulan

Pada intinya step ini ialah satu usaha mendapatkan pojok pukulan yang baik serta pas untuk memperoleh kemampuan besar waktu lakukan loncatan. Pada umumny awalam dikerjakan dalam jarak 2 sampai 4 mtr. dari net atau jatuhnya bola untuk umpan bola tinggi. Hal paling memastikan ialah saat akan mulai meloncat hingga smasher harus mengendalikan tempat kaki dengan ambil tempat kaki 2-3 langkah sebelum lakukan loncatan.

a. Berdasar pada langkah paling akhir ada 2 jenis tehnik mengambil langkah yakni:
Langkah panjang kanan dibarengi langkah rekonsilasi kiri (right footed) hingga bisa membuahkan pukulan silang yang keras.

b. Langkah panjang paling akhir kiri dibarengi langkah rekonsilasi kanan (wrong footed) buat smasher yang tidak kidal serta mempunyai kelebihan mempertinggi perolehan smash.

Smasher yang memakai Right Footed, keadaan badan akan langsung bertemu dengan bola serta sangat mungkin memakai momen horizontalnya untuk jadi besar tumbukan dengan bola hingga membuahkan pukulan keras. Sedang smasher dengan memakai Wrong Footed, keadaan badan smasher otomatis bertemu dengan net hingga waktu akan lakukan pukulan harus secara cepat memutar tubuhnya mengarah datangnya bola umpan.

2. Tolakan serta Loncatan – Take Off (Terlepas Landas)

Tolakan adalah satu langkah untuk membuahkan loncatan. Saat lakukan tolokan, smasher memakai kontraksi otot supaya mendapatkan gerak yang bertopang pada kemampuan persendian lutut, pergelangan kaki serta pinggul, dimana saat akan lakukan loncatan smasher lakukan pergerakan eksplosif yang bersumber dari kemampuan otot tungkai apabila waktu lakukan tolakan berlangsung secara benar maka membuahkan loncatan yang tinggi.

Saat menyiapkan untuk lakukan pukulan, ayunan lengan yang kuat otomatis akan menolong meningkatkan daya saat lakukan tolakan, hingga hasil loncatan akan maksimal. Saat akan lakukan loncatan bila smasher akan lakukan pukulan dengan tangan kanan Right Hand, mengambil langkah biasa memakai kaki kiri lalu diikuti langkah panjang kaki kanan. Tetapi sebelum lakukan loncatan yakinkan timingnya pas, berarti langkah yang diambil tidak terganggu.

3. Memukul Bola – Hit (Memukul Waktu Melayang-layang Diudara)

Memukul bola dengan keras lewat ayunan tangan yang awalnya ditarik kebelakang untuk menghajar bola mengarah depan waktu badan sedang melayang-layang di hawa. Pergerakan pukulan dapat sesuai dengan type smash yang dikerjakan.

Untuk membuahkan pukulan yang keras smeser butuh lakukan gerak memutar badan ke belakang jadi persiapan untuk memperlancar pukulan. Dengan pergerakan ini memungkinakan smasher jaga jarak dengan bola untuk selanjutkan mengayunkan tangan. Tehnik pukulan dapat memengaruhi hasil pukulan, contohnya pukulan memakai lecutan tangan akan membuahkan pukulan lebih keras.

4. Pendaratan – Landing (Datang)

Step paling akhir ialah penderatan. Pada tingkatan ini lebih pada keselamatan smasher waktu turun dari melonjak serta melayang-layang di hawa. Kadang-kadang lompatan yang dikelakukan dengan kemampuan penuh yang bertopang pada persendian, bila tidak memerhatikan tehnik pendaratan yang baik dapat menyebabkan luka pada smasher sebab ketidak seimbangan badan waktu datang.

Waktu lakukan pendaratan (landing) telapak kaki sisi depan akan terima beban yang lumayan besar di antara 1000 – 2000 Newton sedang beban pada tumit di antara 1000 – 6500 Newton. Batas potensi fleksibilitas pada tulang riskan sendiri kira-kira 5000 Newton hingga proses pendaratan harus dilihat secara baik untuk jaga kesetimbangan. Contohnya tempat badan membungkuk lalu menekuk semua persendian seperti pinggang, kaki, lutut serta ke dua kaki megarah ke depan seterusnya ke-2 kaki datang dengan bertepatan.