Menjelang persalinan, kontraksi pasti akan terjadi dengan rasa nyeri yang nyaris tak tertahankan saat semakin mendekati waktu melahirkan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengontrol napas dan berusaha untuk rileks. Beberapa posisi ini bisa membantu Anda dalam meredakan rasa nyeri saat kontraksi menjelang persalinan terjadi.

  1. Posisi Jongkok

Kontraksi menjelang persalinan memang tidak bisa dihindari karena merupakan reaksi alami. Ketika terjadi kontraksi, Anda bisa meredakan nyerinya dengan posisi jongkok. Posisi ini mampu menenangkan Anda yang sedang melawan rasa sakit dan tegang yang dialami. Untuk mengambil posisi ini, pilihlah tempat yang leluasa dan nyaman.

Dalam posisi ini, jongkoklah sambil tangan pegangan ke salah satu benda kokoh, seperti tempat tidur, meja, almari, atau handrail stainless kloset. Posisi yang sempurna ini mampu meringankan rasa sakit karena beban berkurang. Rasa sakit yang dialami juga bisa berkurang optimal karena posisi ini memberi dorongan kontraksi kuat dan memudahkan pembukaan.

  • Posisi Intuitif

Posisi kedua yang mampu meredakan rasa nyeri saat kontraksi adalah posisi intuitif yang memfasilitasi bayi yang akan lahir. Salah satu posisinya adalah dengan bersimpuh sambil tangan memegang ke benda yang kokoh. Anda juga dianjurkan mengangkat salah satu kaki. Tubuh bagian atas juga sesekali dicondongkan ke depan untuk memberikan rasa nyaman.

Saat kontraksi yang timbul pertama ini tidak dianjurkan untuk mengejan karena memang bukaannya belum sempurna. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kehabisan energi dan sia-sia karena belum waktunya bayi lahir. Apabila sudah sampai pada waktu perkiraan lahir dan bukaannya sudah sempurna, barulah bisa mengejan dalam posisi melahirkan.

  • Duduk di Atas Gym Ball

Timbulnya kontraksi sebagai salah satu tanda-tanda mau melahirkan tentu saja harus segera ditangani. Rasa nyeri yang dialami ketika kontraksi tentu saja harus ditangani. Duduk di atas gym ball ternyata efektif mengurangi rasa sakit yang dialami. Ikutilah gerakan natural pinggul dan pinggang ke depan, ke samping, ataupun ke belakang secara perlahan-lahan.

Lakukan kegiatan tersebut beberapa lama sampai rasa nyeri akibat kontraksi berhasil dikurangi. Anda bisa duduk dan bergerak di atas gym ball sambil tangan berpegangan pada bagian yang kokoh.

  • Posisi Bersimpuh

Posisi berikutnya yang bisa meredakan rasa nyeri kontraksi adalah bersimpuh. Anda bisa menahan rasa nyeri lebih kuat dengan bersimpuh. Posisi ini memungkinkan bagian perut dan panggul bisa dicondongkan ke atas dan mendorongnya ke belakang, sementara badan bagian atas dicondongkan ke depan. Gerakan semacam ini efektif mengurangi rasa nyeri dan sakit.

Dengan melakukan posisi tersebut, rasa nyeri akan mereda dan Anda akan jauh lebih siap menghadapi proses persalinan. Anda bisa memilih posisi yang paling sesuai dengan rasa nyeri yang dialami ketika kontraksi. Saat meredakan nyeri tersebut, kontrol juga napas Anda agar bisa meredakan sakit dan tekanan akibat nyeri yang melanda.